Umumnya, bunga sakura identik dengan negara Jepang. Namun, pohon sakura juga ada di Indonesia, tepatnya di Kebun Raya Cibodas, Bogor. Uniknya, pohon sakura yang umumnya hanya bisa tumbuh di wilayah dengan empat musim juga bisa tumbuh di Indonesia yang hanya memiliki dua musim.

Kebun Raya Cibodas berlokasi di Desa Cimacan, Cipanas. Lokasi ini masih termasuk ke dalam wilayah hutan Gunung Gede Pangrango, Tepatnya di Taman Nasional Gede Pangrango. Akses menuju lokasi pun sangat mudah. Dari Jakarta atau Bogor, cukup mengambil rute ke arah Cibodas menuju Cipanas.

Biaya masuk yang dikenakan adalah sebesar Rp10.000 per orang. Selain keindahan bunga sakura, kebun ini juga menyediakan tempat bermain anak, pendopo untuk beristirahat, teater dengan konsep alam terbuka, dan fasilitas untuk berkemah.

Jika bunga sakura di Jepang akan bersemi pada bulan April, bunga sakura di Kebun Raya Cibodas akan bermekaran pada periode bulan Januari hingga Februari dan Juli hingga Agustus. Berada di lahan sebesar 6.000 meter persegi, ada tujuh jenis sakura yang ditanam di Kebun Raya Cibodas. Iklim dan suhu serta kontur tanah yang sesuai dengan habitat aslinya lah yang membuat pohon sakura bisa tumbuh di wilayah ini.

Kategori: Domestik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *