Situ/danau Cisanti merupakan titik nol atau hulu sungai citarum, salah satu sungai terbesar di jawa barat yang dikenal dengan polusinya. Sepertinya ga bakal nyangka kalau sungai citarum yang kotor berawal dari tempat yang begitu bersih dan indah.

Kawasan danau cisanti dikelilingi oleh beberapa gunung seperti gunung wayang, gunung malabar, gunung bedil, dan gunung rakutak. Lokasinya juga tidak begitu jauh dari kawasan perkebunan teh pangalengan.

Setelah mendapatkan pembenahan, sekarang situ cisanti mulai dikenal masyarakat sebagai salah satu destinasi wisata di kabupaten Bandung. Di awal tahun 2018, pemerintah mencanangkan program citarum bersih. Situ Cisanti juga ngga lepas, mendapatkan sentuhan tambahan. Apalagi setelah presiden Joko Widodo berkunjung dan meresmikan program revitalisasi Citarum di situ Cisanti.

Alamat / Lokasi Situ Cisanti

Alamat / Lokasi situ Cisanti tepatnya berada di kampung Pejaten, desa Tarumajaya, kecamatan Kertasari kabupaten Bandung. Tidak terlalu jauh dari Bandung, hanya sekitar 60 KM saja. Luas area situ sekitar 5 hektar, dan ada di dalam area lahan sebesar 10 hektar.

Lama waktu tempuh dari Bandung kurang lebih 2 jam jika kondisi jalan lancar.

Tiket Masuk Situ Cisanti

Tiket masuk situ Cisanti rada aneh sih, kurang jelas sejauh ini mah. Dulu pertama kali datang ke sini, saya bayar Rp 10,000/orang, dan parkir Rp 3000 untuk motor. Kemudian jadi Rp 12.000/orang, motor Rp 4000 dan mobil Rp 9000.

Terakhir kesini, saya bayar Rp 10.000/motor. Yang dihitung motornya bukan orangnya, dan tanpa karcis .. haha,,

Biar aman, ambil nilai paling tingginya aja; Rp 12.000/orang.

Entah kenapa, di sekitar situ cisanti ini terdapat cukup banyak lalat. Kemungkinan sih karena banyaknya pemancing yang menggunakan siput/tutut sebaga umpan pancingnya, karena banyak terdapat cangkang siput di sisi danau.

Danau cisanti memang suka dipakai sebagai tempat memancing juga oleh penduduk sekitar. Situ ini pernah mendapatkan bantuan bibit ikan mas, nila dan nilem yang memang bisa dimanfaatkan oleh penduduk sekitar.

 

 

Kategori: Domestik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *