Kisah bangunan sekolah dasar berwujud reyot ini menyimpan sepenggal jejak inspirarif. Serba-serbinya menjadi penyengat semangat. Realitanya, kini kobaran kebangkitan terus berkumandang lantang.

SD Muhammadiyah Laskar Pelangi yang berada di Kecamatan Gantung, Belitung Timur. Sebenarnya jalanan di Gantung tidaklah terlalu ruwet, namun tetap saja agak membingungkan bagi saya yang baru sekali datang ke kota di sisi Timur Pulau Belitung ini.

Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi Belitung Timur yang saya kunjungi ini merupakan lokasi baru. Bangunan kayunya dipindahkan dari halaman SD Negeri 9 Selingsing, yang menjadi tempat syuting film Laskar Pelangi. Bangunan aslinya sendiri sudah tidak ada bekasnya. Untuk ke lokasi Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi, mobil belok kanan di ujung perkampungan di Gantung, masuk jalanan tak beraspal dan lalu belok kiri menyusur tepian danau. 

Berhenti di tepian danau, Replika SD Laskar Pelangi terlihat bertengger di atas bukit bertanah putih, mengingatkan saya pada warna putih tanah di Danau Kaolin. Selain menjadi buku terlaris sepanjang masa, novel Laskar Pelangi juga diterjemahkan dan diterbitkan di sedikitnya 20 negara di empat benua. 

Kategori: Domestik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *